Pentingnya Manajemen Kelas
by Sutirman
by Sutirman
Manajemen dalam konsep umum adalah aktivitas
merencanakan, mengorganisasi, menggerakkan, dan mengendalikan. Demikian halnya
dengan pembelajaran dalam kelas, diperlukan pula perencanaan, pengorganisasian,
penggerakkan, dan pengendalian terhadap siswa dan lingkungan belajarnya.
Kim Gulbrandson merangkum beberapa pendapat yang menyatakan bahwa manajemen
kelas merupakan salah satu variabel penting yang dapat menfasilitasi siswa
untuk melakukan kegiatan akademik di kelas. Guru yang efektif mengelola kelas
dapat meningkatkan kesempatan siswa untuk belajar secara lebih baik (2008).
Tanpa manajemen kelas yang efektif siswa akan sulit mencapai prestasi yang
maksimal. Dengan demikian yang dimaksud dengan manajemen kelas adalah proses
mengelola kelas mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, sampai
dengan pengendalian siswa dan lingkungan belajarnya agar siswa dapat mencapai
hasil belajar yang maksimal.
Kemampuan seorang guru dalam mengorganisasi kelas dan
mengelola perilaku siswa merupakan suatu hal yang sangat penting (Oliver &
Rechly, 2007) dalam rangka terwujudnya pembelajaran yang berkualitas.
Ketidakmampuan guru dalam mengelola siswa dan lingkungan belajarnya di kelas
dapat berakibat rendahnya pencapaian hasil belajar, sehingga capaian prestasi
siswa menjadi tidak baik. Agar siswa dapat belajar dengan baik dan mencapai
hasil yang maksimal, guru harus memiliki kemampuan mengelola kelas secara
efektif. Keefektifan guru dalam mengelola kelas dapat berdampak positif
terhadap:
- Iklim pembelajaran yang kondusif
- Efektivitas belajar siswa
- Efektivitas guru dalam mengajar
- Pencapaian hasil belajar yang maksimal.
- Kepuasan belajar siswa
- Kepercayaan diri siswa
Iklim
pembelajaran yang kondusif dapat tercipta apabila guru dapat mengelola kelas
secara efektif. Pengelolaan kelas yang efektif harus dilakukan dengan
perencanaan pembelajaran yang matang, pengorganisasian sumber daya yang tepat,
penggerakkan sumber daya secara konsisten, serta pengendalian perilaku dan
lingkungan belajar siswa dengan cermat. Pembelajaran yang kondusif akan memberi
pengaruh positif terhadap siswa dalam belajar di kelas. Siswa akan dapat
memanfaatkan waktu dan berbagai sumber daya untuk mempelajari materi pelajaran
dengan optimal. Pemanfaatan waktu dan sumber daya pembelajaran secara optimal
oleh siswa tentu saja akan menyebabkan tercapainya prestasi belajar yang
maksimal. Dengan demikian, proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru berjalan
efektif. Dampak pengiring dari hal tersebut adalah tumbuhnya kepuasan belajar
dan kepercayaan diri siswa. Kedua hal yang terakhir tersebut dapat menjadi
landasan untuk melejitkan prestasi belajar siswa selanjutnya.
No comments:
Post a Comment