Classroom Management Part 2#


Pentingnya Manajemen Kelas
by Sutirman


Manajemen dalam konsep umum adalah aktivitas merencanakan, mengorganisasi, menggerakkan, dan mengendalikan. Demikian halnya dengan pembelajaran dalam kelas, diperlukan pula perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengendalian terhadap siswa dan lingkungan belajarnya.  Kim Gulbrandson merangkum beberapa pendapat yang menyatakan bahwa manajemen kelas merupakan salah satu variabel penting yang dapat menfasilitasi siswa untuk melakukan kegiatan akademik di kelas. Guru yang efektif mengelola kelas dapat meningkatkan kesempatan siswa untuk belajar secara lebih baik (2008). Tanpa manajemen kelas yang efektif siswa akan sulit mencapai prestasi yang maksimal. Dengan demikian yang dimaksud dengan manajemen kelas adalah proses mengelola kelas mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, sampai dengan pengendalian siswa dan lingkungan belajarnya agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.
Kemampuan seorang guru dalam mengorganisasi kelas dan mengelola perilaku siswa merupakan suatu hal yang sangat penting (Oliver & Rechly, 2007) dalam rangka terwujudnya pembelajaran yang berkualitas. Ketidakmampuan guru dalam mengelola siswa dan lingkungan belajarnya di kelas dapat berakibat rendahnya pencapaian hasil belajar, sehingga capaian prestasi siswa menjadi tidak baik. Agar siswa dapat belajar dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal, guru harus memiliki kemampuan mengelola kelas secara efektif. Keefektifan guru dalam mengelola kelas dapat berdampak positif terhadap:
  1. Iklim pembelajaran yang kondusif
  2. Efektivitas belajar siswa
  3. Efektivitas guru dalam mengajar
  4. Pencapaian hasil belajar yang maksimal.
  5. Kepuasan belajar siswa
  6. Kepercayaan diri siswa
Iklim pembelajaran yang kondusif dapat tercipta apabila guru dapat mengelola kelas secara efektif. Pengelolaan kelas yang efektif harus dilakukan dengan perencanaan pembelajaran yang matang, pengorganisasian sumber daya yang tepat, penggerakkan sumber daya secara konsisten, serta pengendalian perilaku dan lingkungan belajar siswa dengan cermat. Pembelajaran yang kondusif akan memberi pengaruh positif terhadap siswa dalam belajar di kelas. Siswa akan dapat memanfaatkan waktu dan berbagai sumber daya untuk mempelajari materi pelajaran dengan optimal. Pemanfaatan waktu dan sumber daya pembelajaran secara optimal oleh siswa tentu saja akan menyebabkan tercapainya prestasi belajar yang maksimal. Dengan demikian, proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru berjalan efektif. Dampak pengiring dari hal tersebut adalah tumbuhnya kepuasan belajar dan kepercayaan diri siswa. Kedua hal yang terakhir tersebut dapat menjadi landasan untuk melejitkan prestasi belajar siswa selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

Classroom Management

Classroom Management by: Sutirman A.    Guru Sebagai Pemimpin Guru adalah pemimpin dalam kelas. Kemampuan seorang guru dalam meng...